Wednesday, October 29, 2008

Seniman Kita Ugy Sugiarto


Teman-teman yth, berikut e mail dari Sugiarto (A2.2) yang akrab dipanggil Ugi. Beliau sempat browse di google dan menemukan kandang89. Beliau sekarang jadi seniman. wah pokoke hebat tenan...Saya kagum banget. Sy pernah lihat lukisan beliau waktu pameran di Kampung Seni Lerep Semarang (Sayang sy datangnya sehari setelah pembukaan jadi ndak ketemu beliau).. Oh ya lukisan beliau dikoleksi bentara Budaya dan juga masuk dalam sebuah buku bergengsi seperti tertulis di bawah ini. Oh ya baca juga kisah 20 tahun lalu...yang bisa bikin teman2 ketawa. Lukisan di atas adalah salah satu karya beliau. Sekali lagi salut u Ugi... Salam Maryoto

---------------------------------------------------------------------------------------

Ketika aku lagi telusuri namaku di google disitu terselip blog kandang89, aku merasa senang sekali krn dgn fasilitas itu paling tidak bisa menguak keberadaan teman2. Sdh hampir 20 thn lamanya kita nggak ketemu. Pertemuan terakhir yg paling kuingat ketika perpisahan kelas A2.2 di rmh Dian di Sumberan, ketika itu sepatuku hilang & yg membuat aku nggak bisa nglupain temen2 terus pada patungan untuk nggantiin sepatu saya, makasih temen2 sebenarnya waktu itu aku senang sekaligus malu untuk menerimanya. Setelah pertemuan itu seolah-olah semua temen2ku hilang ditelan bumi. Segelintir temen2 yg pernah ketemu Ratno Sarjana Pertanian tinggal di Gunturmadu Wsb, kalau Sabariyanto sih satu desa dia jadi guru SMAN Kertek skrg lagi nerusin S2nya(matematika), Sukamto pernah ke rmh sekitar th 1996 tapi skrg ndak tahu dimana?, Markus terakhir ketemu th 1999 skrg ndak tahu jg, Suparjo sama Suryo(A2.1) terakhir ketemu sekitar th 1990, pernqh ke rmh Agus(A2.1), Agus(A2.2) skrg tinggal di Perum Brokoh Mendolo, kalau yg cewek2(A2.2) tak satupun pernah jumpa, yg sering/pernah ketemu tapi lain kelas Eti(A3) jadi guru di SMPN 1 Kertek, Sholeh(A3-adiknya Pak Kholik) wiraswastawan tinggalnya di Jaraksari, Hendrawan(A1) terakhir ketemu thn 1994 skrn ndak tahu lagi dimana. Mar, kamu skrg tugas di Medan? Sdh brp lama? Kalau aku tinggalnya masih di Kertek(blkng kantor Pos), memang betul aku jadi seniman(pelukis) & sering pameran keluar kota, bahkan sdh tiga kali ngikut pmrn bersama di Bentara Budaya(group Kompas) Yk, lksnku jg masuk di buku The Journey of Indonesian Painting-The Bentara Budaya Collection. Kamu pernah nglihat lksnku di pameran mana ya? Galnas Jkt? Kiranya cukup sekian dulu, besok kita sambung lagi. Trimakasih...byeee...

11 comments:

gudangtembakau said...

Ugi atau Sugi, panggilannya siapa ya? Aku sering lihat lukisanmu baik di Bentara maupun di Jogja Galeri. Tapi sungguh aku tdk tahu kalo itu hasil karyamu. Kamu dulu di ISI ya? Mungkin kamu sering bareng pameran bareng Andi Wahono, Yoyok. Seingatku karyamu bareng mereka. Minta info alamatmu ya, daripada aku cari2 di katalog. Kapan2 kita bisa ketemu di pameran

Andreas Maryoto said...

Wah Lilik ki penerusnya pak Hong Djien sama Chris Darmawan...generasi dari Parakan ki emang aneh-aneh yo.....Eh Lik sering ikut lelang? Aku diajari dong...Wah jan aku ki nek ndelok lelang..jan wedi tenan....bisa pingsan aku ki... Aku cuman bisa manggut-mangut nek ndelok katalog... He..he....

Anonymous said...

Den Mas Maryoto.... aya usulkan email addressmu ganti "GUDANG BERITA" biar ngak kalah serem dengan gudang tembakaunya Lilik. Jadi kalau ikut lelang kamu nggak minder and pingsan.
(Tri H)

gudangtembakau said...

Kalo dg P Hong Jien + Christ Darmawan kadang2 ngrumpi, terutama dg P Chris, soalnya tetangga. Kalo lelang, biasanya bojoku aja. Aku nunut dadi penikmat seni. Tentunya kamu satu grup dg P Wiediantoro di Jakarta ya. Dia banyak kasih masukan.

Andreas Maryoto said...

Wah dengan Chris Darmawan aku belum sempat ngobrol lama..Aku mung ketemu sekali dua kali di Galeri Semarang. Pas dia bukaan di Kota Lama, aku dah pindah ke Medan. Tetapi salam ya..moga masih ingat. Nek pak Hong Djien mung "kenal" lewat omong2 sama tulisan teman2...Oh ya mereka itu komplotannya mas Wied...Kapan itu aku nongkrong di tempatnya mas Wied..terus dikasih buku2 sama dia. Salam juga kalau ketemu ya...

Mamiek said...

Halo Ugi, aku salah ndak ya.....pernah 1 kelaskah di 1-4? waduh, selamat ya, seneng ketemu seniman satu lagi, Anon dan kamu Gi. Aku ndak tahu kamu ingat aku ndak ya? aku mau kasih sedikit info tentang pertanyaanmu, Markus dan Hendrawan ada di Jakarta. Kalau perlu no hp mereka lewat milis ya Gi...semoga nyambung-nyambung dengan teman2 lain. Kalau kamu ketemu teman2 di Kertek ajak nonton kandang 89 ya...biar rame... salam
Mamiek

Anonymous said...

Ketika kulihat foto2 yg terpampang jadi ingat sama kalian semua. Lilik kl nggak slh dulu A1. Ya aku srng brng mrk. Dulu pinginnya ke ISI tapi nggak punya kesempatan. Alamatku Campursari Rt.05 Rw.02 Kertek(krng lbh 100m blkng Kantor Pos) Phone (0286)3329776. Agendanya Agustus 2009 pmrn bersama di Taman Budaya Yk, smoga kita ketemu. Buat Mamiek thanks infonya. Dulu aku pindahan dr SMA 6 Yk kls 2. Anon kl nggak slh dulu A3 yg suka tari? Skrng snm di bidang apa dia? Kalau lihat fotomu pasti aku ingat.

Anonymous said...

Halo Ugik salam kenal ya. Tadinya aku kira kamu Sugi (arto atau anto) yang dari 1.5. Beliau juga pinter nggambar, dulu aku pernah digambarkan waktu dapat tugas dari pak Sukiman nggambar wajah, sampai due date-nya gambarku nggak bunyi, terpaksa minta tolong Sugi. Nuwun ya Sugi dimanapun kamu berada, dan mohon maaf untuk pak guru, saya benar2 nggak berbakat dalam hal ini :(

gudangtembakau said...

Ealah, Watik, aku tadinya tiwas jg mikir, ojo2 Sugi yg sering ditembak utk selesaikan tugas gambar kita. Ingat ngga tik, sehubungan hasil gambare keapikan, aku malah muring2. Ya pasti ketahuan lah. Akhirnya cewek cantik hasil karya Sugik, kujadikan pesek aja. Berarti aku kurang familiar dg Sugi pelukis ini dong. Boleh tampilin foto terakhir. Biar kalo ketemu ngga pangling. Buat Maryoto, aku terakhir ketemu Pak Wied di Bentara Budaya Jakarta

ugy sugiarto said...

Waktu sekolah dulu memang aku ndak populair, jadi aku maklumi kalau temen2 khususnya yg ndak satu kelas ndak kenal/familiar sama aku. walau ndak kenal tapi insyaallah aku inget kok kalau lihat wajah kalian. Yg penting kita kan tetep temen satu alumni 89, okkey...

freehantoyo said...

halo halo