Tuesday, January 13, 2009

Dari kuliner Wonosobo sampai yang aneh

Kadang Kandang 89,

Coba amati foto-foto pertemuan yang sudah diposting. Ada satu kesamaan : hampir semuanya berhubungan dengan 'makan' atau tempat makan. Karena memang 'urusan perut'lah yang selalu membuat warga kandang bergairah.

Baru-baru ini di milis ada warga baru kandang, Nunung Rahayu SN (A3) yang sekarang bermukim di Bandung. Kedatangan Nunung disambut gegap gempita oleh warga dengan keahlian info kulinernya. Tak kurang Wiwien, Ita, Anik, Lilik dan yang lain, melemparkan keahlian 'kuliner'nya.

Pernah juga suatu ketika Herman Antono, rerasan katanya jika ada hal yang berhubungan dengan 'lidah' semua kadang jadi ikut 'rame'. Nah berikut info kuliner dari sang maestro Ugy tentang kuliner Kertek, tempat makan yang asoy dari Ita dan kuliner aneh dari Mr Mare. Monggo dipun kedapi.

Kuliner Kertek :
1).Sate ayam Pak SiDal Jl. Parakan bukasore (2).Opor Enthok Mbok Ali Jl. Parakan-Prumbanan buka pagi biasanyajam 10 sdh habis (3).Koyor khas Mbak Ru/Vee 'n Tree Jl. Parakan-depanSawah Indah buka pagi-sore (4).Warung Ijo Jl.Sapuran-Betengsari bukapagi-sore (5).Bakso Pak Marto Jl.Sapuran-Betengsari buka pagi(6).Bakso Pak Ru Tobong Jl.Parakan-Campursari buka sore (7).Soto SapiGenthong Pak Sabar Jl.Wonosobo-deket bunderan Kertek depan toko MbokCo/Pak Ngatiyo buka sore (8).Nasi Goreng Mie Godhog/Goreng Pak WidJl.Parakan-depan Puskesmas lama buka sore (9).Sate Kambing Mas KumpulSarirasa Jl.Wonosobo-Jambusari buka pagi s.d malam

Warung Ita :
Pepes ikan kalahar (cerdak bendungan kalahar Karawang Timur), Sate kambing Maranggi (Cikampek arah Bandung), Pesona Laut (Indramayu), Pesona Alam (Cirebon), Ayam Bakar Rajawali (Ketanggungan, Brebes), Telur asin Yes (Brebes), Pepes ayam Rm Margosari (akeh jumlahe pokoke Tasik teka perbatasan Cilacap), Sroto Banyumas Jln Bank (Purwokerto), Sate Pak Kempleng (Ungaran), Bandeng Pak Elan (ngerepe pabrik Semen Gresik), Bebek Goreng Tugu Pahlawan, Rawon Setan (ngarep hotel JW Marriot Surabaya), Rawon Nguling (Pasuruan) dan Salad buah "creme" (Darmo, Surabaya)

Kuliner Maryoto :
Buat teman-teman yang suka kuliner, saya mau berbagi cerita soal kuliner. Sebelum membaca sebagian cerita ini, bersiaplah untuk mual-mual.
1. Senin malam sy diajak seorang kenalan untuk makan burung goreng. Sudah pasti sy suka. Nama warungnya Mbak Gita terletak di Sampali, Medan. Sayangnya, selera makan yang tinggi nyaris drop ketika masuk ke rumah makan ini. Sesuatu yang mengejutkan, sebelum makan pembeli diminta memilih burung hidup di kandang yang hendak disantap! Walah, langsung terbayang ngeri...burung-burung yang indah itu dalam sekejap akan terhidang di meja makan! Sebelum selera drop, sy sudah lari ke dalam dan meminta teman untuk memilih burung itu. Sy hanya mau burung itu tersedia di meja alias ndak mau berurusan dengan pilih memilih burung. Pokoknya kepikir pembantaian yang tak tahu perikehewanan itu. Oh ya berbeda dengan di Jawa, di sini jenis burung macam2 ada dara, puyuh, tiyung, ruak-ruak, balam dll. Warna bulunya juga bagus-bagus. Kebayang orang yang suka pelihara burung, kemudian lapar..eh burung itu disembelih.

2. Saat puasa lalu, sy mendengar ada makanan aneh di Padangsidempuan dan Medan. Dari rasa penasaran itu, sy dan seorang teman mencari makanan aneh itu. Makanan yang dimaksud adalah rotan bakar. Setelah sekian lama sy cari, penjual rotan bakar itu ketemu juga. Langsung saja sy pesan rotan bakar itu. Rotan langsung dibakar dan diambil bagian dalamnya (dagingnya). Habis itu kulitnya dipecah. Dengan berdebar, sy makan itu rotan bakar. Rasanya pahit segar seperti pare. Mereka kasih sambal yang berisi berbagai rempah. Meski pahit, rotan sy santap. Maka, makan rotan pun jadilah.

3. Tahun lalu saat sy bertugas di Gunung Kidul, sy diajak teman untuk mendatangi sebuah di sebuah rumah makan yang terletak di pinggir kali (namanya lupa). Pokoknya terletak di Kecamatan Semanu. Hidangan yang aneh? Kali ini belalang goreng! Ampun! Karena penasaran, sy coba belalang goreng itu? Rasanya? Bukan nyam..nyam....dst tapi krosak..krosak...itu kaki dan sayap belalang lagi hancur di mulut. Harga sebungkus kecil belalang Rp 6.000. Yang lucu banyak artis dan selebritis makan di situ. Ini bisa dilihat dari foto2 mereka di dinding warung.

4. Bubur kacang ijo sialan! Ini kalimat yang tepat untuk makanan yang satu ini. Ketika membayangkan kacang ijo maka kita kebayang bubur yang manis gula jawa dan gurih santan. Tapi jangan kaget kalau mendapatkan rasa yang berbeda kalau kita di Ambon. Di kota itu, kacang hijau disayur hingga rasanya mirip sayur lodeh. Kabarnya di pekalongan, kacang ijo ada yang digulai! Saat sy memesan kacang ijo itu, di otak sudah terpikir rasa manis dan gurih. Walah satu sendok pertama sudah ngremus potongan bumbu yang ndak jelas rasanya....langsung deh sy bayar dan sy tinggal.

5. Duren? Kepikir dong enak rasanya. Tapi ntar dulu...kebayang kalau kemudian duren itu berwarna oranye. Walah ini yang bikin perut sy agak mual melihat tampilan duren yang banyak ditemukan di Tarakan, Kaltim. Tanya tuh ke itok! Kenalan sy sudah heboh membawakan duren aneh itu, tapi sayang saya agak mual melihat tampilan duren oranye itu.

6. Sup, soto, dan gulai. Bagi orang wsb perbedaan ketiga jenis makanan itu sudah jelas. Tapi lain ladang laing belalang, lain lubuk lain ikannya. Kisah pertama, sy memesan soto bandung (udah langka nih...) di Sumedang. Langsung terbayang santan yang kental dan daging sapi. Sayang sekali soto bandung tak lebih sup (dibaca sop oleh orang wsb) yang bening tanpa santan trus ada lpotongan abu dan kedelai goreng. Sup konro? Dah tahulah seperti apa? Mungkin lebih tepat disebut gulai bagi orang wsb. Soto Medan? Mungkin lebih tepat disebut gulai bagi orang wsb.

7. Makanan papua=lamongan punya. Ketika jalan ke Papua (ini penerbangan yang mempertemukan sy dengan Dewi Handayani) sy terpikir untuk makan makanan lokal. Ketika lapar, sy mengajak kenalan sy yang orang papua untuk makan. Bodohnya sy tidak terus terang soal makanan ini. Saya hanya bilang, sy ingin mencari makanan di sini yang enak. Kami langsung berangkat menuju sebuah tempat. Ketika masuk rumah makan itu, sy sudah curiga. Rumah makan berisi kolam pemancingan ikan. Dan bener tuh..ternyata jauh dari harapan saya, menu yang ditawarkan, ikan bakar, ikan goreng dll yang bersambal terasi, pepes, dan pecel lele. Walah, usut punya usut pemiliknya orang Lamongan!

Salam hangat

Wati Yani

14 comments:

gudangtembakau said...

Ingat Tik, kita kan usianya lagi tanggung. Lagi menikmati hidup, lagi mencari jati diri. Trus udah ngga jamannya lungo2 sangu saka omah. Pergi ke mana2 yg dicari makan. Kalo perlu coba tempat baru. Kadang kita jd lapar mata, berlanjut jd gelap mata. Aku wis ngrasake akibate. Jadi endhut. Ditambah males gerak, dadi komplit. Tapi kalo acara seneng2 njuk malah rembugan diet, kayane kok rodo wagu. Dg blog ini sdh terbukti teori Hidup untuk makan, eh makan untuk hidup. Eh piye ki, endi sing bener.

Anonymous said...

Hahaha Lik, nyong dewe ora ngerti endi sing bener. Nyong ning kene malah dipekso yen lungo2 kudu nggowo sangu. Tapi kalau lihat ada 'fish and chips' Cicerello mesti pingin nyicip, sangune dibuntel meneh gowo bali :)
Monggo lho teman lain kalau ada yang punya info tempat makan yang lain, siapa tahu pas kita lewat dan gelap mata (jare Lilik) bisa buat ampiran. Atau sapa tahu malah punya warga kandang sendiri?

Andreas Maryoto said...

Piye nek reuni ana lomba masak untuk para pria??? Iki aku wis berlatih. Hasilnya enak banget...menurut sy sendiri. Tapi tak kiro pemenange Tri Hermawan. Aku kelingan deweke jago banget nek masak!!!!

indriyani said...

..Lah khan waktu itu udah aku usulin Mar..
Lomba masak utk bapak2. trus bahan2nya kita siapin, contohnya lele yg masih hidup opo ikan mas/gurame hidup...
Poro bapak harus berjuang untuk menaklukan dulu itu ikan lele/gurame..
seru...!!
opo maneh nek ono sing dipatil, ..huehuehueue
ning jare ita, emoh nek nganggo lele.. nggilani jare...

Unknown said...

biasa to pak...urusan perut kalo gak di beresin ntar merembet kmana2.. kata orang dari perut turun kehati...artine? wah pasti dah pada tau,hehehe... sebetulnya saya rodo heran,orang sunda tuh lebih ke fashionable abiss...dan pada gak seneng masak jan e..senenge yo jajan,,nah berdaganglah orang2 luar mbandung disini...tumplek ! dari nyang biasa mpe nyang aneh2...dan tnyata laku banget... namanya emang kadang2 nyunda tapi sbetulnya di balik layar ya orang2 luar tea... dan yg bikin hepi juga dimbandung tuh biar dipinggir jalan tetep banyak yang enak lo.. penasaran? yuk mare ke parijt van java... ;)

Mamiek said...

Wati, selamat ya atas Phd nya, seneng ...Nunung, Suryani apa kabar. Di Bandung berarti udah terdeteksi 3 teman Nunung, Indra Trisula dan Zulkifli, ayo silahkan ketemuan, di Purwokerto juga 3, Nur winarto, Parjo dan Suryani, sok kontak2 juga sambil makan soto Sokaraja di Raja Soto, mmm nyam2..nah tambah lengkap deh. Selamat berkangen ria. Wati baca kulinermu aku tambah pengen njajal, beraneka ragam koyo opo ya rasane, nek nyong gak patek iso mbedakke makanan satu dengan yang lain..pokoke enak wae wis cukup..he..he. Mas Mare prige kabare..suwe ora kontak2.

Anonymous said...

Makasih jeng, mudah2an jadi penyemangat untuk Mamik juga ya:) kayaknya sibuk ya, kok jarang muncul? Tentang kuliner, ayolah dicoba dan berani bervariasi mencoba yang 'lain' asal jangan yang terlalu aneh koyo makan belalang ala Maryoto, yen iki aku gak melu-melu he he he

Unknown said...

makasih infonya mbak mamik,saya baik2 sajah...btw nyang namina indra trisula teh nyang mana ya? perasaan di kelase nyong mbiyen ra ono sing jenenge indra itu..hehehe.. tapi kalo ketemu wonge ya kenal juga.. (sori indra..). ok cu,met kumpul2 juga dg temen2 di jakarte (aku liat juga fotone lg ktemuan di bsd..)

Mamiek said...

Wati...I miss you, seneng langsung bisa nyambung. Sibuk sih enggak, sedikit adaptasi lagi dengan sesuatu yang baru. Tengkyu Nunung kalau udah amati temon di BSD, Indra Trisula itu dari smp Kertek, anaknya tinggi, dulu klas 1-4, lalu A2 atau A3 ya..lupa..sory, no one else like him..he..he... Teman2 akhir tahun sepertinya membuat kesibukan bertambah dan mungkin agak sedikit belum terpikir langkah apa lagi menuju reuni ya?Jakarta banjir, ada teman2ku yg terjebak, kebakaran dan situasi yang tidak kondusif lainnya, walaupun tidak di dekat lokasi tetap terasa imbasnya.Doakan kami supaya aktifitas boleh berjalan lancar, dan tetap bisa ambil bagian kalau ada yang kesusahan...

indriyani said...

...btw...tiba-tiba sore ini aku pengen banget mie ongklok...
koq koyo wong ngidam yo..
mbok ada warga kandang yg buka warung mie ongklok di jakarta...
jadi kalo kepengen ga usah mudik atau ndadak ngiwut masak mie ongklok dhewe..

somebody help me... ada yg mau masakin aku mie ongklok ga..??

Andreas Maryoto said...

Anik..pas tenan ki....aku pas lagi pilek.....agak kentel....

Anonymous said...

Maryoto, yakk, sayang wis moco. Anik, ojo mbayangke omongane Maryoto yen wis ono sing kirim ongklok yo. Nyong emoh cepak2 Mare ah ngko nek reuni, mbokan deknen crito sing ora2 pas madangan !

indriyani said...

..Maryotoooooo..ddduuddduuullzzz
...nggilani..!

Andreas Maryoto said...

Duh wati dan anik...tenang wis. Aku nek reuni ceritanya mau yang bagus-bagus...soal makanan yang enak..soal pemandangan yang indah..soal cerita yang lucu..soal orang ganteng dan cantik...Enak kan makannya kalau ceritanya isinya kayak gini...mung ya sambil pilek.....